Penyebab Sembelit dan cara mengobatinya

Penyebab Sembelit dan cara mengobatinya

Penyebab Sembelit dan cara mengobatinya

Cara Mengobati Sembelit. – Pernahkah kamu mengalami sembelit? Pasti sakit dan sulit untuk melakukan aktifitas apapun kalau sedang sembelit.Sembelit itu ialah suatu keadaan yang terjadi di usus karena kinerja usus tidak maksimal sehingga susah untuk  buang air besar dalam jangka waktu  yang lama.

Sembelit atau yang sering disebut juga konstipasi, biasanya disamakan  dalam arti keadaan seseorang yang jumlah BAB nya tidak lebih dari 3 kali salam satu minggu. Bagi sebagian orang sembelit dapat terobati dengan sendirinya, dan cara paling mudah untuk mengobati sembelit adalah dengan mengubah pola atau gaya hidup anda. Artikel ini akan membahas dan memberi saran praktis untuk menyembuhkan sembelit.

Semua orang pernah mengalami sembelit

Semua orang pasti pernah mengalami sembelit, itu adalah hal yang normal dan, jika terjadi hanya sekali biasanya akan segera sembuh dengan sendirinya. Beberapa faktor yang menyebabkan sembelit adalah karena stress, tekanan hidup yang berat, kualitas makanan, gaya hidup yang kurang baik, dan banyak lagi.

Gejala Sembelit dan Cara mengenalinya

Inilah beberapa gejala sembelit dan cara mengenalinya

  • Susah buang air besar (BAB)
  • Kotoran (tinja) lebih keras sewaktu BAB
  • Dalam 1 minggu BAB tidak lebih dari 3 kali
  • Seringkali perut lebih berasa kenyang
  • Sakit perut
  • Sewaktu BAB adakalanya bercampur darah

Apabila anda sering mengalami gejala diatas segeralah konsultasikan dengan dokter supaya segera dapat ditangani sehingga tidak menjadi lebih parah lagi.

Penyebab Sembelit

Sewaktu sembelit yang terjadi selanjutnya adalah kotoran yang menumpuk diusus akan bergerak lebih lama, lebih keras dan kering. beberapa faktor krusial yang menjadi penyebab sembelit

  • Kandungan serat dan air yang ada dalam tubuh anda sangat kurang
  • Tidak cukup berolahraga / terlalu banyak duduk
  • Mengalami stress dan tekanan yang berlebihan
  • Penyakit tertentu yang mengakibatkan sembelit misalnya, diabetes, Penyakit Parkinson, stroke dan penyakit lain.
  • Kurang istirahat
  • Kurang mengkonsumsi Makanan berserat misalkan buah atau sayur yang banyak seratnya

Memang sembelit bisa jadi bukanlah penyakit yang serius dan berat, tapi pasti tidak nyaman melakukan aktifitas apapun kalau sedang sembelit.hehe untuk itu kenali beberapa faktor atau kepada siapa sembelit ini sering terjadi.

Baca Juga : 7 Manfaat Makanan Berserat untuk kesehatan

Cara Mengobati Sembelit

Seperti yang kami tulis diawal, penyakit sembelit bisa terjadi pada siapa saja, tapi disini akan kami jelaskan lebih terperinci siapa saja yang lebih rentan terkena sembelit dan cara mengobati sembelit.

Jangan menjadi orang yang terlalu sibuk

Biasanya orang yang terlalu sibuk akan lupa banyak hal. lupa makan, lupa minum dan bahkan lupa diri. artinya orang yang sibuk tidak mengurus dirinya sendiri. menganggap semuanya baik baik saja. karena terlalu sibuk bisa lupa berolahraga juga. jadi orang yang terlalu sibuk sangat rentan terkena sembelit.

Hindari Obesitas / Kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab sembelit, ini terjadi karena kotoran kotoran yang menumpuk di usus dalam jangka waktu yang lama. dan ini dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya.

Hindarilah Stress

Stress sangat beresiko terjadinya sembelit. mungkin ada yang bertanya kenapa stress bisa menyebabkan sembelit. itu karena sistem pencernaan kita sangat erat kaitannya dengan sistem diotak. jadi masalah stress yang sedang dihadapi sangat mempengaruhi sistem pencernaan kita dan pergerakan usus akan menjadi sangat lambat.  sewaktu anda stress apakah anda lebih sering mengalami sembelit?

Sering menahan BAB

Kedengarannya aneh ya, memangnya ada orang yang suka menahan BAB? kalo udah waktu nya BAB ya langsung aja ke toilet. tapi kenyataannya itu tidak selalu mudah. ada banyak situasi yang “mengharuskan” untuk menahan BAB. Misalnya sedang dalam perjalanan, toilet yang ada sangat kotor dan bau, situasi ini membuat ilfeel dan tidak jadi BAB. tapi jika ini sering terjadi ini akan memicu terjadinya sembelit atau kontipasi.

Rajin berolahraga

Rajin olahraga maka tubuh akan sehat. ini sangat tepat, tapi karena kesibukan sekarang yang padat, keadaan ekonomi yang susah yang mengharuskan untuk bekerja dengan lebih lama, membuat kurangnya waktu untuk olahraga. kurangnya olahraga adalah salah satu yang memicu terjadinya sembelit.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting, disamping untuk memulihkan stabolisme tubuh dan meregenerasi sel sel yang rusak, istirahat yang cukup juga dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga usus kita bekerja dengan lebih baik. seyogyanya tubuh kita didesain untuk beristirahat minimal 6 jam setiap malam. jadi jangan sampai anda terlalu sering begadang karena efeknya bisa lebih besar.

Minum Air secukupnya

Air sangat dapat melancarkan pencernaan, untuk itu biasakan untuk mengkonsumsi air 8 gelas air setiap hari untuk memenuhi kandungan air dalam tubuh. kadang karena kesibukan bisa jadi lupa untuk mengkonsumsi air putih.

Konsumsilah Makanan Berserat.

Makanan berserat sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan. makan makanan yang berserat bisa membuang kotoran kotoran yang menumpuk di usus sehingga sistem pencernaan lebih lancar. makanan yang berserat itu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran.

Buah buahan yang memiliki kandungan serat yang baik misalnya buah gojiberry, buah berry, buah apel buah pir, buah pepaya, semangka dan lain lainnya. Sayur sayuran yang memiliki kandungan serat yang baik misalnya brokoli, selada,kol,timun, buncis, bayam, wortel dan sebagainya.

Setiap hari jumlah kandungan serat yang direkomendasikan untuk perempuan adalah 25 gram serat setiap hari, dan untuk pria harus memenuhi kandungan serat 38 gram setiap hari. itu artinya diperlukan sepiring buah dan sepiring sayuran setiap hari untuk memenuhi kandungan serat setiap hari.

Apakah kandungan serat anda terpenuhi setiap hari dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan seratnya? jika belum, salah satu saran praktis dan mudah yang bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi Jus Pelangsing Fiforlif. Jus Pelangsing Fiforlif adalah minuman 100 % herbal yang memiliki kandungan serat tinggi yang direkomendasikan oleh Pakar kesehatan Nasional, Boyke Dian Nugraha.

Semoga Artikel Cara Mengobati sembelit ini bermanfaat dan membantu anda tetap sehat. silahkan share untuk semakin banyak orang bisa menyembuhkan penyakit sembelit.

 

Baca juga : Jus Pelangsing Rekomendasi Boyke Dian Nugraha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!