Berapa Kali BAB Normal Setiap Hari

Berapa Kali BAB Normal Setiap Hari

Share
  • 1
    Share

BERAPA KALI BAB YANG NORMAL SETIAP HARI?

Menurut anda berapa kali BAB yang normal setiap hari? Ada yang bilang 1 kali saja, ada yang bilang 3 kali sehari ada yang bahkan 1 minggu sekali. Kalo anda berapa kali Buang Air Besar setiap hari? Secara umum banyak orang setuju mengatakan bahwa BAB normal 1 kali setiap hari. Apakah anda juga setuju?

Berapa kali BAB Seharusnya?

Perlu anda ketahui bahwa Buang Air Besar adalah cara tubuh untuk membuang zat zat sisa yang tidak berguna untuk tubuh atau racun dalam tubuh. Dan didalam Feses, terkandung 75 % air, bakteri yang sudah mati, bakteri yang masih hidup, zat sisa dari hati dan usus. Rata rata setiap orang mengeluarkan feses sebanyak 28 gram setiap 5kg berat badan.

Jika anda termasuk orang yang rutin BAB 1 kali sehari tidak perlu khawatir jika dibandingkan dengan teman anda yang BAB lebih dari 3 kali setiap hari. Karena tidak ada satupun aturan baku tentang harus berapa kali anda BAB setiap hari. Setiap orang pasti beda soal seberapa sering mereka BAB setiap hari.

Apa yang yang mempengaruhi perbedaan Frekuensi BAB setiap orang

Kemarin saya ketemu teman dan curhat kalo dia udah 3 hari ga Buang Air Besar. Dan parahnya selera makannya pun tidak berkurang. Jadinya perutnya buncit dan malas gerak. Untuk itulah kenapa perlu dipahami bahwa terkadang masalah BAB masalah sepele. Tapi kalo tidak diselesaikan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. Lalu apa saja kah penyebab perbedaan frekuensi BAB setiap orang?

  1. Efek samping Obat obatan

Jika anda saat ini sulit atau jarang BAB seperti biasanya, bisa jadi itu disebabkan karena obat yang anda konsumsi. Jika sebelumnya Buang air besar anda rutin setiap hari dan setelah minum obat Buang Air besar anda menjadi tidak lancer, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda.

  1. Kurang Olahraga
Baca Juga  Sehat Itu Mahal Tapi sakit lebih mahal

Aktifitas harian anda yang monoton ketika bekerja atau beraktifitas lainnya terutama yang kurang gerak menjadi penyebab kurang lancarnya BAB anda. Untuk itu rutinlah olahraga paling tidak seminggu sekali.

  1. Kurang Air putih

Kebutuhan air putih yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, jika anda tidak memenuhi kebutuhan air putih maka Buang Air besar anda tidak akan lancar.

  1. Sering Menunda ke Toilet

Pernah atau sering menunda Buang Air besar ke toilet? Mungkin anda sedang macet dijalan, nunggu antrian bank, atau ketika ada Deadlline yang harus dikejar. Ini membuat anda menunda segera Buang Air besar. Jangan sampai itu sering terjadi ya. Karena bisa mengurangi frekuensi Buang Air Besar menjadi tidak normal.

  1. Kurang Konsumsi makanan Berserat

Makanan berserat sangat penting dan akan melancarkan Buang air besar. Karena kesibukan yang padat setiap hari, beberapa orang lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Tapi bagaimana jika akhir akhir ini Buang Air besar anda tidak lancar? Biasanya 1 kali sehari, sekarang malah setiap 3 hari baru anda BAB. Beberapa gejala yang anda bisa alami ketika BAB tidak lancar seperti munculnya sensai yang tidak nyaman pada perut bagian bawah, ada perasaan ingin BAB berulang ulang (belum selesai), sewaktu BAB susah payah mengeluarkan Feses, tinja keras atau kecil dan dubur terasa sakit bahkan pendarahan sewaktu BAB. Hal ini harus diperhatikan karena berbahaya untuk kesehatan anda.

 

Beberapa Tips dan Saran Praktis yang bisa anda lakukan jika seandainya anda saat ini sedang Sulit Buang Air Besar.

  1. Berolahragalah secara teratur

Lakukan lah olahraga yang mudah dulu, jangan terlalu berat. Upayakan rutin setiap hari.

  1. Istirahat lah yang cukup
Baca Juga  Penyebab Sembelit dan cara mengobatinya

Bukan hanya melancarkan BAB, Istirahat yang cukup juga akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit serius yang muncul

  1. Penuhi Kebutuhan Air Putih setiap hari

Kalo anda sering kurang minum air putih, maka feses anda akan keras, dan terasa sulit ketika mengeluarkannya.

  1. Jangan tunda ke toilet ketika ingin BAB

Mulai sekarang hingga kapanpun, SEGERA lah pergi ke toilet ketika anda ingin BAB. Menunda Buang Air besar akan menambah masalah kesehatan lainnya.

  1. Konsumi Lebih banyak makanan berserat

Buang air besar yang tidak lancar dapat dipastikan disebabkan oleh tidak cukupnya serat dan cairan dari makanan yang anda makan. Serat dan cairan yang cukup akan membuat kerja usus menjadi lancar dan membuat anda mudah untuk buang air besar. Kenali lah beberapa makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup untuk tubuh.

 

Kebutuhan serat setiap pria dan wanita berbeda setiap hari, wanita setiap hari 25 gram dan pria 38 gram setiap hari.

Memang, gak semua orang menyukai buah dan sayuran meskipun keduanya begitu penting untuk kesehatan tubuh. Nah, kalau kamu merasa kurang makan serat, terapkan cara mudah seperti ini:

  • Masukkan sereal atau gandum ke dalam menu makanan sehari-hari.
  • Tidak suka sereal atau gandum utuh? Kamu bisa menggantinya dengan roti gandum jenis whole-grain yang per lembarnya mengandung 2-3 gram serat.
  • Nggak suka makan buah potong? Bikin aja menjadi smoothies.
  • Kacang-kacangan bisa kamu ‘sulap’ menjadi sup, salad atau tumisan. Nggak kalah enak kok rasanya.
  • Sayuran atau buah-buahan bisa kamu cemil dengan bumbu saus seperti mayonais supaya lebih berselera.

“Semua makanan Anda harus mengandung sedikitnya (masing-masing) delapan gram serat,” kata Keri, seperti dikutip dari Women’s Health

Baca Juga  Inilah Manfaat Buah Gojiberry Untuk Kesehatan

Ternyata tidak sulitkan untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari? Sangat mudah ternyata.

Tapi jika anda ingin cara yang lebih mudah, tanpa repot, hanya butuh 1 menit melakukannya. Kami ada solusi terbaik untuk anda yaitu Jus Pelangsing Fiforlif. Suplemen Herbal murni Rekomendasi Boyke Dian Nugraha.

  • Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat anda setiap hari
  • Membersihkan Kotoran kotoran yang menumpuk di usus anda
  • Membuat anda lebih segar dan fress
  • Melancarkan BAB
  • Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar

Info Silahkan chat wa 0852-7478-3445

Semoga artikel ini penjelasan tentang Seberapa sering normalnya BAB ini bermanfaat ya. Jika bermanfaat silahkan share.

  • 1
    Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

WhatsApp chat